Article

GANTI HATI

Pesan 9 Ramadhan 1439H
By: Prof. Veni Hadju

Ibnu Mas'ud, pernah didatangi oleh salah seorang sahabat. "Bagaimana caranya agar hatiku tentram"? Jawab Ibnu Mas'ud, "Bacaalah Al-Qur'an, niscaya hatimu tentram. " Beberapa hari kemudian sahabat itu datang lagi "Saya sdh membacanya tapi belum juga tenang hatiku." Jawab Ibnu Mas'ud " Bangun tengah malam dan bacalah surat yang pajang." Beberpa hari kemudian datang lagi. "Sudah saya lakukan, tapi hatiku masih belum tentram." Jawab Ibnu Mas"ud, "Hadiri majelis-majelis yang dibacakan Al-Qur'an di dalamnya."

Sahabat nabi yang bertanya tersebut tetap merasa tidak tenang dan datang lagi ke Ibnu Mas'ud dan meminta nasehatnya. Kemudian dikatakan oleh Ibnu Mas'ud, "Berodalah agar Allah menganti hatimu." Kisah ini menunjukkan bahwa ada orang yang sudah sulit diobati hatinya dengan Al-Qur'an. Pada kondisi seperti ini maka berarti ia perlu meminta kepada Allah agar diganti hatinya dengan yang baru.

Allah sudah mempertegas dalam Kitab Mulia-Nya bahwa Al-Qur'an adalah obat buat penyakit yang ada dalan dada. Mereka yang sombong, riya', suka membenci, mudah tersinggung, cepat marah, sukar memaafkan orang lain, tidak berlapang dada dengan keterbatasan orang lain, merasa dirinya hebat, adalah mereka yg perlu diobati dengan Al-Qur'an.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Yaa ayyuhannaas qadjaa atkum mauizhatum mirrabbikum wasyifaa'u limaa fishshuduur. (QS Yunus 10:67). Artinya: Wahai sekalian manusia, sungguh telah diturunkan kepadamu pelajaran (Al-Qur'an) dari Tuhanmu, sebagai obat untuk penyakit yang ada dalam dadamu (hati).

BILA HATIMU TIDAK MEMPEROLEH KETENANGAN DENGAN AL-QUR'AN MAKA BERDOALAH AGAR ALLAH MENGGANTI DENGAI HATI YANG BARU.

Pelukis Hati

Pelukis Hati

Superadmin at Pelukis Hati

Kebaikan dari Kita adalah Kebaikan untuk Kita

Komentar (0)

Belum ada komentar untuk ditampilkan

Tinggalkan Komentar Anda